ACMSeulamat Teuka di Website achehcybermilitary.org
Uncategorized

Muktar Usman, Tgk. Jafar simpang ulim eks Tripoli

SIMEUNYEH, KONFLIK, ATJEH MERDEHKA DAN PENGKHIANATAN

SEBAGIAN MANTAN GAM. 2

Tertangkapnya Mukhtar Usman di Batu 7 Gombak lalu dibawa ke Batu 6 Gombak Malaysia, lebih kurang setelah 1 (satu) minggu lalu di bawa ke simeunyeh, di sana salah seorang yang bersama saudara Mukhtar Usman Tgk. Jafar simpang ulim salah seorang eks Tripoli yang di tembak di dalam penahanan simeunyeh, lebih kurang setelah 1 (satu) Tahun di penjara simeunyeh yang harus merasakan sakitnya siksaan penahanan di tambah dengan konsumsi makanan yang tidak menentu hingga kadang harus menikmati makanan yang bercampur dengan najis hewan, kondisi ini tidak menyurutkan semangat para pejuang saat itu untuk tetap bertahan menuju cita _ cita mulia yaitu menghidangkan kemerdekaan untuk bangsa.
Banyak di antara tahanan simeunyeh saat itu yang merasakan sakitnya siksaan dan derita yang susah di gambarkan dengan kata kata apalsgi bila di bayangkan saat ini betapa sedihnya mereka yang harus mempertaruhkan nyawa untuk terhidangnya Atjeh Merdehka,
Tapi apa mau di kata nasi sudah menjadi bubur, kebanyakan dari mereka mantan tahanan simunyeh hari ini malah sudah lupa dengan apa yang di deritanya aat itu.
Saat saya berkunjung pada salah seorang tahanan simeunyeh yang kini bermukim di swedia dan ketika saya berjumpa dengan beliau saya menanyakan tentang bagai mana cerita simeunyeh di masa lalu, beliau bernama Mukhtar Usman salah seorang anggota GAM, beliau menceritakan sedihnya berada di dalam tahanan simeunyeh dan saya sangat merasa takjub akan cerita beliau.
Sulit di bayangkan penderitaan yang di rasakan oleh sebahagian para pejuang yang setelahnya di kucilkan oleh kawan sepejuangannya dan melalui fitnah di masa itu, namun karena tekat juangnya beliau akhirnya mengambil sikab untuk mengambil suaka politik ke swedia, dalam perjalanan suaka politik beliau masih juga menyisakan waktu untuk terus memikirkan kita yang jauh di tempat beliau tinggal yang bila kita lakukan perjalanan dengan pesawat menghabiskan masa selama 8 ( delapan ) jam perjalanan udara. Belum lagi waktu yang kita habiskan dalam menunggu penyelesaian manajemen bandara dan di sinilah saya melihat bahwa mereka yang di anggab pecundang oleh sebahagian kawan seperjuangan ternyata adalah modal dasar kita untuk meraih kemerdekaan bangsa yang mulia ini.
Penzaliman yang sampai kini terus terjadi terhadap sesama, belum lagi dengan janji janji dari almarhum wali tentang pengadaan senjata yang mereka jalani hingga pada suatu hari terjadilah tragedi bersejarah yang di lakukan oleh beberapa orang Gam saat itu menyerang kantor koramil Buloh Blang Ara yang disanalah kemudian menjadi modal dasar perjuangan bagi bangsa ini, terkait dengan hal ini info penulis dapatkan dari saudara Guree Abdurrahman Ismail, Saudara yunus dan saudar Ridwan Abu Bakar dan beberapa sumber lainnya.
Pengepungan kantor koramil buloh blang ara menjadi sejarah tersendiri bagi mereka para pejuang bangsa ini yang walau sampai saat ini semua belum terujud seperti harapan b angsa.
Hari di lalui dalam kesedihan kala mengingat apa yang pernah di lakukan mereka di masa lalu dan hari ini.sebahagian sudah syahid sebagian menyerah dan takluk di bawah hukum penjajah. Dari sekian banyaknya tragedi yang memilukan di masa lalu sampai saat ini banyak mereka yang hari ini menyerah kedalam pangkuan penjajah yang menghasikkan kekecewan bangsa ini, entah memang semua ini bagian skenario atau memang sebagai bukti untuk bisa menjadi pengalaman buat kita di masa yang akan datang.

Bersambung …

Tgk. Syeh Meuhidang, S.Mh

Related posts
Uncategorized

4 Desember Ulang Tahun GAM Atau Ulang Tahun AM ?

Bila hari ini adalah Ultah GAM (Gerakan Aceh Merdeka) yang ke 44 maka hari ini pula kami memperingati hari pembantaian keluarga kami…
Uncategorized

4 Desember Hari Kebangsaan Acheh Darussalam Ke 44

“ Hari Suci Kemerdekaan Bangsa Acheh Milad Acheh Yang Keu 44 Tahun 4-12-1976 – 4-12-2020” Hari-hari yang dilalui Bangsa Acheh penuh berkah…
Uncategorized

Setelah Deklarasi Negara Aceh ke 44 Tahun,Ini pendapat Dari Mantan Dubes AM Untuk Vanuato

Assalamualaikum wbr… Alhamdulillah Krue Seumangat… Keu Ukeue para Mujahid/mujahidin dan Para Peujuang Fissabilillah Acheh di ateuh rueng Donya Yang Ulon Peumulia…. Izin…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *